Tipe Data Primitif Pada Java

Tipe Data Primitif

Semua nilai dalam Java adalah referensi terhadap objek. Namun, untuk fleksibilitas, Java tetap mempertahankan tipe data dengan nilai biasa atau bisa juga tipe data primitif (primitive types). Tipe data primitif adalah tipe data yang mempunyai nilai tertentu, bukan referensi class ataupun objek. Berdasarkan tipe datanya, data primitif dapat dikelompokkan menjadi empat:

• Tipe data integer atau bilangan bulat: byte, short, int, long.
• Tipe data float atau bilangan nyata: float, double.
• Tipe data char atau karakter: char.
• Tipe data Boolean: boolean.

Berikut keterangan besar nilai yang dapat diterapkan pada tipe-tipe data primitif di atas.


Tipe Data Boolean
Boolean digunakan untuk menentukan suatu kondisi apakah benar (true) atau salah (false). Nilai boolean sering digunakan untuk mengatur alur program, terutama pada perulangan dan pencabangan.

Tipe Data Char
Tipe karakter dalam Java mempunyai ukuran 16 bit atau setara dengan216=65.536 kode. 256 kode pertama dalam tipe data char digunakan oleh karakter ASCII. Karakter ASCII merupakan karakter-karakter yang banyak digunakan dalam bahasa Inggris. Untuk mencari tahu informasi tentang karakter, Anda dapat membuka situs www.unicode.org.Mastering Java™
Tipe data karakter harus didefinisikan menggunakan tanda petik satu (apostrop), misalnya:

char bs ='B' ;

Dalam char terdapat escape character yang digunakan untuk menampilkan karakter khusus, seperti tab atau pergantian baris.
Berikut kode untuk menampilkan tulisan: Aku berkata “Hidup Java!” pada command prompt.

System.out.println("Aku berkata \"Hidup Java! \"");

Tipe Data Integer
Integer merupakan bilangan bulat. Dalam bahasa Java terdapat empat buah tipe integer. Semuanya dapat bernilai negatif maupun positif: byte, short, int, dan long. Perbedaan keempat integer tersebut hanyalah pada ukurannya, yaitu mulai dari 8 bit, 16 bit, 32 bit, dan 64 bit. Semakin besar ukuran tipe data integer tersebut, semakin besar ukuran nilai yang dapat ditampung.

bit z = 1;

Tipe Data Floating Point
Floating point merupakan bilangan rasional. Dalam bahasa Java terdapat dua buah tipe data floating point: float dan double. Perbedaan keduanya hanya pada ukuran, yaitu masing-masing 32 bit dan 64 bit. Penulisan bilangan floating point menggunakan tanda titik sebagai tanda desimal atau bisa juga menggunakan tanda eksponensial e atau E.

double a = 12.34; // 12,34
double b = .01; // 0,01
double c = 1e-6 // 1x10-6 atau 0,000006
double d = 5200000D // 5,2x106


Sekian postingan dari saya, semoga bermanfaat untuk anda para pembaca yang terhormat!!!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger