Apa itu Strategi ?

Strategi berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti seni berperang. Lebih lanjut lagi, pengertian strategi banyak dikemukan oleh para pakar dalam berbagai macam  buku. Stephanie  K.Marrus  seperti  yang  dikutip  oleh  Sukristono  (Umar, 2001,p.31) mendefinisikan strategi sebagai suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi disertai penyusunan cara atau upaya agar tujuan tersebut dapat dicapai.

Hamel  dan  Prahalad  (Umar,  2001,p.31)  mengemukakan  pandangan  yang lebih spesifik mengenai strategi. Menurut mereka strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus menerus serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa mendatang.

Thompson dan Strickland (2001, p.3) mengemukakan bahwa strategi perusahaan   merupakan      suatu   rencana   permainan   yang   dipakai   oleh   pihak manajemen  untuk  mencapai   suatu   posisi   dalam   pasar,   menjalankan   operasi perusahaan, menarik dan menyenangkan pelanggan, sukses dalam persaingan, dan mencapai tujuan perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger