LATIHAN PERNAPASAN

Napas adalah sumber kehidupan yang berfungsi untuk mengalirkan energi segar kedalam jaringan dan sel-sel dibadan untuk memupuk  jiwa , raga dan keseluruhan diri. Waktu kita menghembuskan napas, ketegangan dan toksin yang terkumpul dibadan kita dilepas keluar. Jadi mengambil napas dalam-dalam  beberapa kali waktu kita berada dalam kesulitan berguna untuk melepaskan ketegangan  dalam tubuh  yang akan membantu bagaimana  kita menghadapi persoalan.  Karena pola napas berubah sejalan dengan perubahan perasaan, maka dengan mengamati pernapasan, kita bisa mengerti aliran berubahnya perasaan kita.  Kesimpulannya, dengan mengubah cara kita bernapas, kita bisa mengubah perasaan dan keadaan fisik kita. Cara pernapasan dikombinasi dengan visualisasi cahaya atau pemandangan alam bisa membangun perasaan damai, tenang dan fokus.

·     Pernapasan Perut
Duduklah dengan nyaman dan tutuplah mata anda. Tarik napas dalam-dalam, tenangkan diri, lepaskan semua kecemasan dan pikiran anda.Letakkan tangan di atas perut, tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan bayangkan udara yang dihisap mengalir kedalam tubuh anda dan mengisi rongga perut. Bayangkan rongga perut anda penuh berisis udara seperti balon. Tahan napas sebentar dan kemudian hembuskan napas melalui mulut sambil mengempeskan/mengkencangkan otot perut, lepaskan semua ketegangan di dalam tubuh anda. Lakukan pernapasan perut ini selama beberapa menit. Jika pikiran anda berjalan kemana-mana, lepaskan pikiran-pikiran itu dengan tenang, dan kembalilah membayangkan udara yang masuk dan keluar melalui badan anda.

·     Bernapas di Alam Terbuka. (Breathing in Nature)
Alam terbuka adalah sumber baik untuk penyembuhan dan pembumian (grounding). Dengan kaki di tanah, tarik napas yang dalam sambil membayangkan kaki anda sebagai akar yang panjang tumbuh kedalam bumi. Sambil bernapas tariklah energi dari bumi, lalu hembuskan keluar segala ketegangan, kesakitan dan depresi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger