Pengertian e-Business Menurut Para Pakar

Kalakota dan Robinson (2000, p.12) mengemukakan bahwa pelanggan membutuhkan perusahaan yang dapat menjalankan bisnis yang terus berkembang khususnya di area :
Kecepatan Pelayanan – dalam dunia nyata, pelayanan premium diterapkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat, akurat, dan memberikan respon yang adaptif. 
Kenyamanan – pelanggan menginginkan kenyamanan untuk berbelanja pada satu tempat saja dengan adanya fasilitas pemesanan dan alur pengiriman.
Personalisasi – pelanggan ingin diperlakukan secara personal oleh perusahaan.
Harga – perusahaan perlu memberikan harga dengan alasan yang tepat untuk memperoleh keuntungan dari pelanggan.

Teknologi memungkinkan perusahaan memenuhi keinginan pelanggan tersebut di antaranya adalah dengan penerapan e-business. Kalakota dan Robinson (2000, p5) menyatakan bahwa e-business adalah penambahan yang meliputi e- commerce,  juga  bagian  yang  menjalankan  aplikasi  front  office  dan  back  office dengan menggunakan mesin untuk menjalankan proses. E-business bukanlah sekedar transaksi e-commerce atau membeli dan menjual melalui web. E-business adalah strategi yang menyeluruh dari pendefinisian ulang bisnis lama dengan bantuan teknologi untuk memaksimumkan nilai pelanggan.


Menurut Indrajit (2002, p.1), e-bisnis adalah penggunaan suatu jaringan elektronik dan teknologi yang disatukan untuk memungkinkan, memperbaiki, mempertinggi, merubah bentuk atau menciptakan suatu proses bisnis atau sistem bisnis  untuk  menghasilkan  nilai  yang  tinggi  untuk  para  pelanggan  tetap  yang potensial

Kotler (2003, p40) mengatakan bahwa e-business menggambarkan penggunaan platform dan alat elektronik untuk menjalankan bisnis perusahaan. Misalnya dengan membangun website, intranet, ekstranet, dan sebagainya. E- business dan e-commerce menggunakan empat tipe utama domain internet yaitu : B2C (Business to Consumer), B2B (Business to Business), C2C (Comsumer to Comsumer), dan C2B (Consumer to Business).


Kolter  juga  menyatakan  bahwa  konteks  “e”  digunakan  dalam  berbagai bentuk  seperti  e-learning,  e-services.  Namun,  pada  saat  suatu  bisnis  dijalankan secara online konteks “e” biasanya ditambahkan pada nama dari bisnis.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger