Sejarah Koperasi

Sampai saat ini belum ada dokumen resmi yang menjelaskan kapan gerakan koperasi berawal. Namun, sejak pertengahan abad ke-19, koperasi teridentifikasi keberadaannya pada sejumlah organisasi skala kecil yang didirikan di Eropa Barat, Amerika  Utara,  dan  Jepang.  Organisasi  koperasi  ini  ditandai  dengan  adanya hubungan antar individu dengan solidaritas dan kerja sama serta kekuasaan ekonomi yang terbagi merata (Sukamdiyo, 1996, p.22).

Prototipe koperasi modern yang diakui secara internasional adalah koperasi yang didirikan di bagian utara Inggris tepatnya di kota Rochdale. Pada tahun 1844, 28 orang penenun yang bekerja di pemintalan kapas mendirikan badan usaha dengan asas koperasi yang dinamakan The Rochdale Equitable Pioneers Society. Kondisi yang dihadapi oleh mereka adalah buruknya lingkungan kerja dan rendahnya upah yang diperoleh. Dampaknya, mereka tidak mampu untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok. Untuk mengatasinya, mereka menyatukan harta benda mereka dan mengelola modal yang diperoleh secara bersama-sama untuk melakukan pembelian barang-barang kebutuhan pokok dengan harga rendah yang dapat dijual kembali. Pada  awalnya  mereka  hanya  mampu  membeli  4  jenis  barang,  yaitu  :  mentega, tepung, sereal, dan gula.

The Pioneers memutuskan bahwa toko yang mereka buka harus memperlakukan konsumen dengan kejujuran dan keterbukaan. Konsumen dapat menerima pembagian dari keuntungan berdasarkan partisipasi mereka dan mereka juga  memiliki  hak  demokratis  untuk  berpendapat  dalam  bisnis  yang  dijalankan. Setiap pelanggan toko menjadi anggota dan memiliki andil di dalam bisnis. Toko ini berkembang dengan pesat dalam waktu singkat. Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam menjalankan bisnis mereka masih dapat diterima saat ini dan diakui sebagai fondasi dari kinerja setiap koperasi. Prinsip ini telah mengalami bebarapa revisi dan penambahan, akan tetapi esensi dari prinsip tersebut tetap sama dengan yang telah diterapkan di 1844

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger