Jenis garis yang digunakan dalam menggambar teknik

  • Garis lurus tebal
Garis ini dibuat lurus, tebal dan tegas. Fungsi dari garis ini sendiri adalah sebagai garis benda terlihat. Garis ini diberikan ketika ada perbedaan penampang bidang pada sebuah benda yang jelas terlihat dari sebuah pandangan tanpa tertutp apapun.

  • Garis lurus tipis
Garis ini dibuat lurus, tipis, namun tegas. Fungsi dari garis ini sendiri adalah sebagai garis bantu. Contoh penggunaan garis ini seperti pada garis dimensi (penunjukkan ukuran), arsiran dan garis proyeksi.

  • Garis sumbu
Garis ini dibuat tipis seperti garis putus-putus, hanya saja garis sumbu dibentuk oleh garis panjang dan garis pendek/titik yang terputus-putus. Pemilihan dalam penggunaan titik atau garis pendek didasarkan pada ukuran benda dan panjang garis. Apabila benda besar dan garis yang dibuat panjang, biasanya menggunakan garis panjang dan garis pendek. Dan bila sebaliknya, gambar yang dibuat kecil atau garis tersebut pendek, biasanya menggunakan garis panjang dan titik. Fungsi dari garis itu sendiri adalah untuk menandai sumbu daru sebuat lingkaran ataupun titik simetris dari sebuah benda.

  • Garis putus-putus
Garis ini dibuat tipis dan terputus-putus. Fungsi garis ini sendiri adalah sebagai garis benda terhalang. Garis ini diberikan ketika ada perbedaan penampnag bidang pada sebuah benda yang tertutup oleh bidang pandangan yang sedang dilihat (berada di belakang/di dalam bidang pandang).

  • Garis benda bergerak
Garis ini dibuat tipis seperti garis sumbu, hanya saja pada garis benda terhalang mempunyai titik dua (garis  pendek, titik, titik, garis pendek). Fungsi dari garis ini sendiri adalah untuk menunjukkan perubahan pada benda, seperti perubahan posisi dan perubahan bentuk. Garis ini diberikan untuk posisi awal benda (pada gambar yang menunjukkan posisi akhir dari gerakan benda), garis akhir benda (pada gambar yang menunjukkan posisi awal benda), bentuk awal benda (pada gambar benda yang menunjukkan bentuk benda setelah di machining) dan untuk bentuk akhir benda (pada gambar yang menunjukkan bentuk benda sebelum di machining).
  • Garis khusus
Garis khusus mempunyai bentuk dan fungsi yang berbeda, hal itu akan dijelaskan lebih lanjut dalam materi selanjutnya yang berkaitan dengan penggunaan garis tersebut.
Macam-macam garis khusus antara lain :
  1. Garis bebas (free hand) tipis
  2. Garis potongan
  3. Garis arsiran
  4. Garis detail

Ketebalan garis dalam gambar teknik

Ketebalan garis dalam gambar tekink haruslah proporsional sesuai dengan ukuran kertas yang kita pakai. Jika menggunakan kertas A0 tentu garis harus lebih tebal dari pada, jika kita pakai kertas A4. Perbandingan ukuran garis benda/nyata (garis kontinu) lebih tebal dari pada garis nyata terhalang(garis putus2), dan garis nyata terhalang (garis putus2) lebih tebal dari pada garis potongan, arsir , dimensi, center dll. Menurut standart ISO jarak garis terdekat minimum adalah 3x tebal garis dan perbandingan antara garis tebal dan garis tipis adalah 1:0.5. Dan tujuan utama perbedaan ketebalan garis supaya lebih mudah membedakan makna garis dalam gambar teknik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger