Pengertian dan Struktur Organisasi Menurut Robbins

Organisasi

Menurut Robbins (2006) mendefinisikan organisasi sebagai, “Unit sosial yang dengan sengaja diatur, terdiri atas dua orang atau lebih, yang berfungsi secara relatif terus menerus untuk mencapai sasaran atau serangkaian sasaran bersama (h.4).

Dalam penelitian ini, istilah organisasi sama dengan perusahaan, jadi seluruh istilah organisasi didalam skripsi ini berarti perusahaan.



Struktur Organisasi

Menurut  Robbins  (2006),  struktur  organisasi  yaitu  ”Cara  tugas  pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasi secara formal. Terdapat enam unsur kunci yang  perlu  disampaikan  kepada  manajer  ketika  mereka  merancang  struktur organisasinya. Unsur-unsur tersebut adalah:
1.      Spesialisasi pekerjaan

Spesialisasi pekerjaan atau pembagian tenaga kerja adalah sampai tingkat mana tugas dalam organisasi dipecah-pecah menjadi pekerjaan terpisah-pisah.
2.      Departementalisasi

Departementalisasi adalah dasar yang dipakai untuk pengelompokkan sehingga tugas yang sama atau mirip dapat dikoordinasikan.

3.      Rantai Komando

Rantai komando adalah garis wewenang yang tidak terputus-putus yang terentang dari puncak organisasi ke eselon terbawah dan memperjelas siapa melapor ke siapa.
4.      Rentang Kendali

Rentang kendali adalah jumlah bawahan yang dapat diatur oleh manajer secara efektif dan efisien.
5.      Sentralisasi dan Desentralisasi

Sentralisasi adalah tingkat dimana pengambilan keputusan dipusatkan pada titik tunggal dalam organisasi.
6.      Formalisasi

                  Formalisasi adalah tingkat dimana pekerjaan dalam organisasi itu dibakukan..”(h.586-593).

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada Blog Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger